[Book Review] Student Traveler by Kak Annisa Potter


Setelah berjanji sama diri sendiri bakalan nulis review tentang buku yang ditulis kakak tingkat saya ini, akhirnya bisa nulis juga setelah hampir setahun berlalu. Yep, buku yang berjudul "Student Traveler" ini adalah buku bergenre traveling yang ditulis oleh kakak tingkat saya, alumni Arsitektur Lanskap IPB angkatan 44 yaitu kak Annisa Hasanah atau lebih dikenal dengan Kak Annisa Potter. Seperti yang tertulis di pojok kanan sampul bukunya, Kak Potter sudah menginjakkan kaki ke 21 negara selama 5 tahun menjadi mahasiswa. Pertama tau sekilas tentang buku Kak Potter ini bikin saya geleng-geleng sekaligus ngiler, plus mikir: gimana bisa ya?

 Jadi, ternyata pengalaman traveling Kak Potter ini kebanyakan nggak murni disengaja traveling dan memakai biaya sendiri, tapi dengan 'kedok' summer school, internship, student exchange, conference, seminar, workshop, sampe kompetisi. So, di dalem buku ini Kak Potter bakal cerita pengalaman pribadinya keliling dunia, tips ala student backpacker, info jalan-jalan ke luar negri dengan gratis, info traveling seru, sampe tips mendapatkan tambahan uang saku di negeri orang.

Buku ini awalnya adalah catatan pribadi Kak Potter yang beliau post di blog pribadinya (yang bisa di kunjungi di annisapotter.com) yang kemudian di bukukan. So, bahasanya bener-bener ringan dan 'ngobrol', jadi nggak kaku dan bosen bacanya. Terus, nggak kayak buku traveling lain, buku Kak Potter ini bener-bener kerasa real karena diambil dari pengalaman pribadi plus dilengkapin sama foto-foto dokumentasi pribadi dari Kak Potter ini sendiri.

Saking kebayang dan nempelnya di otak, beberapa kali waktu nonton film ber-setting negara yang pernah Kak Potter tulis di bukunya, saya langsung tune-in. Salah satunya waktu nonton film X-Men (yang saya lupa x-men yang mana haha). Jadi di film itu ada scene waktu salah satu tokohnya, si Magneto, flashback ke masa lalunya waktu tinggal di Kamp Auschwitz pas jaman Nazi dulu, Walaupun dijelasin cuma dalam satu chapter di bukunya Kak Potter ini beserta sedikit foto, tapi waktu nonton adegan itu saya langsung nyaut: wah itukan yang ditulis di buku Kak Potter! wkwk sampe segitunya...

 Setelah baca buku Kak Potter ini, saya jadi teringat lagi sama mimpi saya dulu yang pengen banget sekolah ke luar negri dan mulai take steps lagi buat mewujudkan cita-cita itu. Saya jadi mikir kalo sebenernya saya bisa kalo saya mau, jalan bakal kebuka kalo kita mau berusaha, dan Kak Potter salah satu yang udah ngebuktiinya. Oh iya, di buku ini juga Kak Potter ngejelasin rinci banget tentang beasiswa/ event apa yang akhirnya bawa beliau bisa ke negara-negara itu. So, bisa banget buat dicontek dan diikutin jejaknya, he he

Waktu ngeluarin bukunya kalo nggak salah sekitar bulan Agustus 2015 lalu, Kak Potter langsung laris banget di undang buat ngisi talkshow-talkshow tentang traveling dan beasiswa atau diminta cerita mengenai bukunya. Di bulan-bulan setelah itu juga, kita dari Himaskap sebagai proud-adek-tingkat alias adek tingkat yang bangga kakaknya se-keren itu, akhirnya juga banyak ngundang beliau buat ngisi di acara-acara internal maupun eksternal wkwk. Salah satunya di acara Bar Bar (Belajar Bareng): edisi Keliling Dunia Bareng Kak Potter, dan di acara Sosis (Sosling in School) yang ngajak anak-anak sekolah dasar bermain sama Ecofunopoly board, salah satu karya Kak Potter juga yang bisa bawa beliau akhirnya go abroad. (Press release acaranya bisa di baca dengan klik: BarBar: Keliling Dunia Bareng Kak Potter dan Tentang Sosis: Ecofunopoly Board pernah ditulis di post Main Lagi ke Sekolah)

Segitu aja review plus curhat tentang Buku Student Traveler nya Kak Potter ini. Bukunya bisa dibeli di Gramedia seluruh Indonesia ya! Semoga bisa ngikutin jejak Kak Potter buat traveling keliling dunia yang bukan sekedar traveling ngabisin duit, tapi juga karena prestasi :)


Foto bareng Kak Potter abis book signing di kampus
*elah book signing wkwk

Kenampakan buku Student Traveler punya saya

Tanda tangan plus doa dari Kak Potter. Aaaamiiin :)

Write it very soon, kak! 

Komentar

Postingan Populer

Sekilas Tentang Arsitektur Lanskap

Teknik Studio: First Maquette Making

Kryptonite? Go Away!